JAM TAMPAL BASAH

JAM TAMPAL BASAH ( JAM KE NOL DAN (TPA) TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN BERBASIS SEKOLAH)

JAM TAMPAL BASAH adalah salah satu program penguatan karakter melalui kegiatan “Jam Ke Nol” yang dilaksanakan setiap hari sebelum jam belajar reguler dimulai, yaitu pukul 06.40-07.00 wib yang kegiatannya meliputi Sholat Dhuha, pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, dan tauziah keagamaan. Sedangkan kegiatan “TPA Berbasis Sekolah” merupakan pengembangan kegiatan “Jam Ke Nol”, dengan tujuan meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an dikalangan pelajar, yang berpengaruh pada tingkat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an.

Pelaksanaan program “Jam Ke Nol dan TPA Berbasis sekolah”, oleh Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan Kota Palembang, sejalan dengan tujuan pendidikan di Indonesia sebagai Negara beragama, maka untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, pemerintah wajib menyelenggarakan pendidikan agama sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 tahun 2007, dengan kewajiban seluruh jenjang satuan pendidikan menyelenggarakan pendidikan agama, yang berfungsi membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa, dengan tujuan untuk berkembangnya kemampuan memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam iptek dan seni.

Kegiatan “Jam Ke Nol” mulai dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Sekolah di Kota Palembang pada tahun 2014, bersamaan dengan ditandatanganinya kesepakatan kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Palembang dengan Gerakan Umat Melalui Masjid (GUMMAS) Sumatera Selatan pada tanggal 23 Januari 2014. Adanya penandatanganan kesepakatan tersebut sebagai bentuk dimulainya program ini berjalan secara efektif. Dimana masing-masing pihak memiliki tugas dan tanggung jawab serta hak dan kewajiban sebagaimana diatur dalam perjanjian kerjasama tersebut. Dinas pendidikan Kota Palembang selaku pemangku kepentingan utama wajib merancang, mengatur penerapan secara teknis program “Jam Ke Nol”, termasuk menyiapkan SDM, sarana/prasarana, dan regulasi. Gerakan Umat Melalui Masjid (GUMMAS) Sumatera Selatan merupakan organisasi keagamaan yang wajib memberikan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk memberikan masukan instrument teknis dalam penyiapan materi-materi “Jam Ke Nol”. Sekolah sebagai pihak yang melaksanakan langsung harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan perangakat admnistrasi sebagai instrumen pencatatan proses dan bahan pembuatan laporan pelaksanaan program. Dalam rangka penguatan dan pengembangan dari kegiatan “Jam Ke Nol” dilaksanakan juga kegiatan “Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Berbasis Sekolah”, yang pelaksanaannya bermitra dengan Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kota Palembang.

Video Terkait;

https://www.youtube.com/watch?v=NFrHcGnkwbs