SELFI LPKA

"SELFI (SEKOLAH FILIAL LAYANAN PENDIDIKAN FORMAL NARAPIDANA ANAK DI LPKA KLAS I PALEMBANG)"

Sekolah Filial (SELFI) merupakan layanan pendidikan formal bagi Narapidana Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Palembang.

Sebelum diadakannya Sekolah Filial di LPKA Klas I Palembang, Anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) hanya mengikuti pendidikan Non Formal sehingga hak mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak belum terpenuhi. Saat ini ABH di LPKA Klas I Palembang dapat mengikuti Pendidikan Formal dalam bentuk Sekolah Filial yang menginduk ke sekolah terdekat, yaitu tingkat SD menginduk ke SDN 25 Palembang, tingkat SMP ke SMPN 22 Palembang, tingkat SMAN menginduk ke SMAN 11 Palembang. Tenaga pengajar langsung dari guru sekolah formal yang berkompetensi. Selain memiliki kelas yang cukup layak, dilengkapi juga dengan fasilitas perpustakaan, ruang praktek komputer, dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti; pramuka, rohis, drumband, pencak silat dan kegiatan pembentukan karakter maupun kerohanian.

Inisiatif ini bertujuan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap anak (Education For All) khususnya bagi Narapidana anak di LPKA Klas I Palembang untuk mendapatkan pendidikan formal yang berkualitas, sehingga berdampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Palembang, khususnya pada aspek pendidikan angka rata-rata lama sekolah terus menunjukan grafik naik hal ini menandakan adanya peningkatan kualitas pendidikan di Kota Palembang.

Sekolah filial LPKA Klas I Palembang merupakan Layanan Pendidikan Formal bagi Narapidana Anak di LPKA Klas I Palembang sangat inovatif karena mampu membangun kolaborasi antara Dinas Pendidikan Kota Palembang, LPKA Klas I Palembang dan stakeholder terkait. Sehingga terlaksana proses belajar mengajar yang aktif, kreatif dan inovatif, meliputi kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang mampu membentuk sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik.

Saat ini sekolah filial di LPKA Klas I Palembang telah berhasil meluluskan peserta didik, dari lulusan tersebut ada yang telah melanjutkan pada jenjang pendidikan berikutnya, bahkan ada yang telah di terima bekerja pada berbagai sektor baik pemerintah maupun swasta, dengan menggunakan ijazah yang diperoleh dari sekolah filial tersebut. Selain itu anak didiknya ada yang mampu berprestasi dalam berbagai kompetisi yang dilaksanakan berbagai pihak baik tingkat lokal maupun nasional.

Inovasi ini telah menjadi percontohan dan mendapat predikat sebagai penyelenggara pendidikan di LPKA terbaik se Indonesia. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  telah menjadikan inovasi ini sebagai model percontohan dalam upaya menyelenggarakan pendidikan di LPKA seluruh Indonesia, hal tersebut dimasukan ke dalam Rencana Strategi Dirjenpas tahun 2020-2024 yang telah di bahas pada tanggal 24 Oktober 2019 dihadiri seluruh Kepala LPKA di Indonesia dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi / Kabupaten / Kota di Indonesia. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Hingga saat ini, Sekolah Filial di LPKA Klas I Palembang telah mendapatkan banyak penghargaan dan prestasi. Pada Tahun 2019 ini, SELFI menerima penghargaan sebagai berikut:

  1. Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KEMENPANRB RI)
  2. Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KEMENPANRB RI)
  3. Top 45 dan Peserta UNPSA 2020 oleh Gubernur Sumatera Selatan

Sekolah Filial (SELFI) sekarang sedang mengikuti Kompetisi Tingkat Dunia, antara lain:

  1. United Nation Public Service Award (UNPSA) 2020 yang diselenggarakan oleh Pederasi Bangsa-Bangsa (PBB)
  2. Organisation Economi Co-Operation Development (OECD) 2020 yang diadakan di DUBAI.

Buku Pedoman Pengelolaan dan Penyelenggaraan Layanan Khusus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Palembang, Sumatera Selatan.

https://drive.google.com/drive/u/1/my-drive

Video Terkait;

https://www.youtube.com/watch?v=P-FtAZxl3mI

https://www.youtube.com/watch?v=3uLyr1LBs2U