• Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh dan Protokol Kesehatan terhadap Pencegahan Covid-19 di Sekolah
Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh dan Protokol Kesehatan terhadap Pencegahan Covid-19 di Sekolah
  • 2020-09-09

Terkait tindak lanjut Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang selaku Koordinator Bidang Pencegahan Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palembang, H. Ahmad Zulinto mengadakan Rapat Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh dan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Sekolah.

Rapat ini dihadiri oleh 15 Instansi, seperti:

  1. Polrestabes Kota Palembang;
  2. Kodim 0418 Palembang;
  3. Kejaksaan Negeri Kota Palembang;
  4. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Kota Palembang;
  5. Dinas Kesehatan Kota Palembang;
  6. Ombudsman Sumsel
  7. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Palembang;
  8. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Kota Palembang;
  9. Dewan Pendidikan Kota Palembang
  10. Univ. PGRI Palembang;
  11. Penilik Kota Palembang;
  12. Komite Sekolah Kota Palembang;
  13. MKKS Swasta Kota Palembang;
  14. BMPS Kota Palembang; dan
  15. PGRI Kota Palembang.

Membahas tentang kelanjutan dan evaluasi terkait pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara online yang dirasa belum maksimal. Salah satu penyebabnya, yaitu kurang stabilnya jaringan internet atau bahkan tidak mempunyai jaringan internet. Maka untuk mengatasi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang akan menyiapkan kuota internet gratis untuk membantu kelancaran kegiatan belajar mengajar antar siswa guru.

Terkait tentang “Apakah Peserta Didik dapat mengikuti pembelajaran secara tatap muka atau tidak ?”, maka berdasarkan hasil rapat dari para ahli diatas, 70% peserta rapat tidak merekomendasikan diadakannya belajar tatap muka di sekolah dan menunjuk metode pembelajaran daring tetap dilakukan, sedangkan 30% lainnya mengizinkan untuk melakukan kegiatan belajar melalui tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selain akan menyiapkan kuota internet gratis, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang akan melakukan Peningkatan Pelatihan Sumber Daya Manusia (Guru) dalam bidang IT, agar pelaksanaan metode Pembelajaran Daring di sekolah dapat berjalan dengan maksimal.

Hasil rapat ini akan menjadi bahan masukkan, laporan dan pertimbangan yang akan diajukan ke Walikota Palembang, sehingga untuk keputusan akhirnya tergantung dari keputusan Bapak Walikota.