• Internet Pendidikan untuk Siswa dan Guru di Kota Palembang
Internet Pendidikan untuk Siswa dan Guru di Kota Palembang
  • 2020-10-07

Ditengah Pandemi Covid-19, Pemerintah mengeluarkan kebijakan pendidikan dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, jadi untuk seluruh siswa dan warga sekolah yang masih masuk di zona oranye dan merah menggelar aktivitas belajar mengajar jarak jauh, yang artinya seluruh siswa di zona ini tetap melanjutkan belajar dari rumah.

Keputusan ini dicetuskan dan disepakati oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Senin (15/6/2020) dan diperkuat kembali dengan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/Kb/2020, Nomor 612 Tahun 2020, Nomor Hk.01.08/Menkes/502/2020 dan Nomor 119/4536/SJ tanggal 7 Agustus 2020.

Walikota Palembang didampingi Sekretaris Daerah Kota Palembang dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang hari ini melakukan Launching Jaringan Internet (Wifi) Gratis untuk Siswa & Guru SD & SMP Se Kota Palembang. Inisiasi Penyediaan Jaringan Internet Gratis oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang sebagai upaya mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan (daring) selama masa Penyesuaian Pandemi Covid-19. Seluruh Siswa dan Guru dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang nantinya dapat mengakses jaringan internet gratis hanya dari rumah atau tempat tinggal masing-masing, tanpa harus datang ke sekolah.

Akses internet pendidikan ini diberikan secara gratis kepada warga sekolah, siswa, guru dan tenaga kependidikan. Caranya dengan mengakses wifi DINAS PENDIDIKAN, dan yang hanya bisa menggunakannya, yaitu akun yang telah terdaftar atas nama siswa, guru dan tenaga kependidikan disekolah masing-masing dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Dengan adanya akses internet pendidikan ini diharapkan :

  • Siswa di Kota Palembang tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran dari sekolah melalui Pembelajaran Jarak Jauh.
  • Pembelajaran jarak jauh secara daring dapat dilayani guru dan diikuti siswa dengan baik.
  • Tidak membebani orangtua siswa dengan biaya pembelian kuota internet.
  • Akses internet pendidikan dapat diakses selama 24 jam dalam sehari.

Diharapkan semua siswa, orang tua dan guru tetap semangat melaksanakan pembelajaran melalui daring, dan semoga jaringan internet secara gratis ini dapat memberikan manfaat, serta di masa pandemi Covid-19 ini akan menjadikan kita manusia Indonesia yang unggul dalam pengetahuan dan tangguh dalam menghadapi perubahan.